Senin, 02 November 2009



Rasa enggan saat bangun di pagi hari adalah ‘penyakit’ semua orang. Rasa mengantuk yang masih tertinggal membuat kita malas bangun.

Kadang mata masih terasa berat dan kepala pusing. Terlebih bila semalam tidur kita kurang nyenyak atau kur
ang dari waktu tidur normal.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa melakukan senam yoga ringan. Gerakan yoga ini akan membuat Anda lebih bersemangat bangun dan mendapat suntikan energi baru.

Gerakan 1
Ambil posisi duduk bersila di atas tempat tidur. Katupkan tangan di depan dada. Pejamkan mata Anda dan bernapaslah dengan teratur sampai 10 hitungan.

Lalu ambil napas dalam, sambil mengangkat tangan yang terkatup ke atas hingga telapak tangan berada di atas kepala. Tahan napas sekuat Anda, lalu hembuskan napas sambil menurunkan tangan kembali ke bagian dada. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali.

Suplai oksigen yang lancar ke otak akan membuat kerja otak Anda lebih baik.

Gerakan 2
Tetap pada posisi duduk bersila. Pegang lutut kanan dengan tangan kiri. Sementara tangan kanan lurus ke atas. Arahkan kepala dan mata Anda ke ujung tangan kanan. Ulangi dengan posisi tangan sebaliknya,
Dengan gerakan ini, seluruh otot-otot bagian leher yang tegang akan menjadi lebih rileks.

Gerakan 3
Luruskan kaki kanan Anda. Lalu silangkan kaki kiri di atas paha kanan. Putar tubuh ke arah kiri. Arahkan tangan kiri ke belakang. Regangkan otot-otot yang tegang sambil atur napas.

Gerakan ini melenturkan otot bagian pinggang dan punggung. Ulangi dengan gerakan sebaliknya. Lakukan 10 kali bergantian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar