Senin, 02 November 2009

Jangan Mau Jadi SHOPAHOLIC


Pernah denger kan istilah shopaholic? Yup shopaholic adalah istilah buat orang yang gemar banget belanja malah bisa juga dikatakan maniak atau gila belanja.Biasanya nih mereka rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan barang-barang yang mereka inginkan. Kalau udah terlanjur jadi maniak belanja alias shopaholic gini gimana yah cara mengontrolnya??







Diskon 90%




Kalau udah ngelihat tulisan ini bawaaannya gatel deh pengen belanja.. Nggak peduli mau barang apa yang didiskon.. mau kita perlu atau nggak.. kadang suka asal sikat aja nih. Ini dia salah satu yang perlu kamu perhatiin. Ubah mindsetmu.. lebih baik beli barang yang dibutuhin dengan harga normal daripada beli barang yang lagi didiskon gede-gedean tapi sebenarnya kita nggak butuh ma barang tersebut. Kalau barang yang didiskon itu emang barang yang sedang kamu butuhin sih nggak masalah malah bagus jadi irit.. tapi inget lho beli barangnya jangan kebablasan mentang mentang lagi diskon.







Kartu kredit?? Oh tidak…




Ini dia salah satu alat yang bisa memperdayamu untuk semakin gemar berbelanja.. Kemudahannya dan efisiensinya kadang bisa membuat kita yang gila belanja menjadi semakin lupa diri. Nah kalau udah gitu bisa-bisa tagihan jadi membengkak. Makanya buat yang udah masuk tahap shopaholic stadium 4 disarankan untuk berani berkata “tidak” untuk kartu kredit. Kalaupun kamu memang harus menggunakan kartu kredit gunakanlah dengan bijak.







Bikin Budget



Setelah mendapatkan pemasukan coba deh kamu bikin list budget atau rencana pengeluaran kamu. Kira-kira kebutuhan apa aja sih yang kamu butuhin. Dengan begitu kamu lebih bisa mengorganisir uangmu jadi nggak lebih besar pasak daripada tiang. Kalau bisa sebelum kamu masuk mall atau pusat perbelanjaan kamu udah buat daftar belanja dulu supaya kamu bisa fokus terhadap barang-barang yang kamu butuhkan.







Catat catat dan catat



Setiap kali kamu belanja apapun itu… catatlah dalam notes khusus apa saja barang yang telah kamu belanjakan. Dengan cara tersebut bisa mengingatkanmu berapa uang yang teah kamu habiskan.







Menghindar




Salah satu cara lainnya adalah dengan menghindar. Ya kalau kamu emang paling sulit mengontrol dirimu saat berbelanja lebih baik jauhi segala hal yang bisa memicumu untuk berbelaja ria seperti menghindari tempat yang menjual barang-barang yang kamu sukai. Atau menhindari mall yang sedang obral besar-besaran karena biasanya itulah yang memicumu untuk membeli barang yang kadang nggak kamu butuhkan. Kalau kamu memang sulit menahan diri kenapa tak dihindari saja.











Belanja itu memang perlu tapi ingat jangan sampai berlebihan. Belilah barang-barang yang memang kamu butuhkan bukan sekedar barang yang kamu inginkan yah. (noe/noe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar