Sabtu, 31 Oktober 2009

Remote PC Client Tanpa Masalah

Remote seolah menjadi makanan wajib bagi administrator maupun technical support. Remote sangat diperlukan untuk mempermudah pekerjaan. Jadi sang admin maupun tech support tidak perlu “berjalan-jalan” menuju komputer client yang bermasalah.

Namun untuk melakukan remote, kita perlu melakukan “kulonuwun” alias permisi dulu ke client. Sebab jika tidak, sebagian besar client tidak rela kalo PC nya di remote tanpa permisi. Ini juga merupakan tantangan bagi admin dan tech support untuk tidak meremote sembarangan PC tanpa permisi. Jika terjadi begitu, siap-siaplah menuai protes.

Nah bagaimana kita menerapkan kebijakan remote yang win-win solution ?

Alat untuk melakukan remote cukup banyak. Bahkan MS sudah menyediakan built-in tools untuk meremote server maupun workstation berbasis windows xp. Namun saya paling suka untuk melakukan remote dengan menggunakan RAdmin. Paling sip menurut saya hehehehe…

Dengan RAdmin, kita bisa mengatur remote secara silent maupun terang-terangan. Bisa mengirim file langsung ke PC client. Bisa menjalankan service di PC secara diam-diam dan banyak lagi. Itu keuntungan dari sisi admin. Bagaimana pengaturan dari sisi client ?

Client bisa berperan aktif untuk menentukan siapa saja yang boleh meremote. Bisa mencatat siapa saja yang meremote. Bahkan bisa menentukan boleh engga si admin meremote saat ini.

Dengan model diatas, maka akan ada win-win solution antara admin/tech support dan client. Jika anda menggunakan RAdmin, pengaturan hal seperti diatas bisa dilakukan dari command promt dengan cara :

c:\>r_server /setup

Anda tinggal mengatur setting yang dibutuhkan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar