Senin, 24 Agustus 2009

Yang Asyik di Bulan Puasa

Sekarang dah memasuki bulan puasa. Bagi muslim diwajibkan menjalani ibadah puasa sebulan penuh. Tapi jangan jadi lemas dan menghambat aktivitasmu yah. Banyak lho hal-hal dan aktivitas mengasyikkan di bulan puasa. Yuk kita simak!

Kebersamaan
Dibulan puasa banyak kebersamaan yang dapat kita lakukan bersama keluarga kita. kalau dihari-hari lain biasanya kita mungkin jarang makan bersama keluarga. Namun, dibulan puasa ini kebersamaan kita bersama keluarga bisa leih intens. Seperti makan sahur bersama, buka puasa bersama.

Olahraga Pagi
Kalau pada hari hari biasa kita jarang bisa bangun pagi untuk berolahraga atau malas berolahraga di pagi hari. Pada bulan puasa ini sehabis sahur dan sholat shubuh kita bisa tetap terjaga untuk berolahraga. Lebih asyik dan menyehatkan bukan daripada kita tertidur lagi. Apalagi di saat akhir pekan biasanya banyak tetangga tetangga kita yang berolahraga juga. Seru juga kan kalau bisa olahraga, jogging atau bersepeda bersama tetangga, teman, atau keluarga kita.

Ngabuburit
Sambil menunggu waktu berbuka puasa enaknya ngapain yah? Asyik juga loh kalau kita jalan jalan sore, lagipula biasanya dibulan puasa banyak pedagang makanan yang menjual makanan atau kue untuk berbuka puasa (ta’jil).

Bikin makanan Berbuka
Berbuka puasa enaknya makan apa yah?.. Biasanya buka puasanya ingin makannya macam-macam, mulai dari kolak pisang, es buah, risoles, dll.. Daripada beli lebih baik kita bikin sendiri. Selain bisa lebih berhemat, kita bisa berkreasi membuat hidangan untuk berbuka. Banyak kok resep makanan yang bisa kita coba praktekan. Kamu bisa mencari resepnya di internet atau biasanya di televisi ada program masak memasak. Lumayan kan bisa meningkatkan skill memasak kamu dibulan penuh berkah ini.

Berkarya
Daripada menghabiskan waktu dengan tidur. Lebih baik kamu mengasah bakat dan hobbi kamu. Misalnya buat kamu yang hobbi nulis kamu bisa lebih aktif lagi menulis, membuat cerpen, atau bila kamu hobbi membuat kerajinan tangan, kamu bisa menekuni hobbi kamu itu. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai ladang usaha kamu. Misalnya dengan mengirimkan karyamu ke penerbit atau menjual hasil kerajianan tangan kamu ke teman-temanmu.

Ngebisnis..
Momen bulan puasa juga bisa memberikan kita banyak pemasukkan loh.. Syaratnya asal kita kreatif dan berani memulainya! Misalnya nih kamu bisa berjualan makanan berbuka puasa, kredit baju lebaran, dsb.


Selamat menjalaankan ibadah puasa! Ohhyaa.. Disamping semua itu, kamu juga harus meningkatkan ibadah kamu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar